Kamis, 27 April 2017

Kerajinan dari bahan Keras #1

Tau kah kamu? Apa kerajinan dari bahan keras itu?

Kerajinan dari bahan keras merupakan kerajinan yang dalam tahap pembuatannya menggunakan bahan yang bersifat keras. Kerajinan bahan keras dikatakan sebagai simbol budaya tradisional yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa. Di antara sejumlah kerajinan Nusantara, terdapat kerajinan yang tetap mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya, dan ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan tuntutan pasar. Beberapa bahan keras yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Bahan Keras Alami

Kerajinan bahan keras alami adalah kerajinan yang bahan baku pembuatannya masih berasal dari alam atau mengalami pengolahan tanpa mengakibatkan perubahan wujud benda itu. Bahan Keras Alami mudah didapatkan dan relatif murah karena beberapa bahan bisa kita ambil langsung di sekitar kita. Seperti kayu, bambu, batu, rotan dan lain-lain.






2. Bahan Keras Buatan

Berbeda dengan kerajinan bahan keras alami, kerajinan bahan keras buatan adalah kerajinan yang bahannya telah mengalami pengolahan kembali. Sehingga dapat digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan seperti berbagai jenis logam, fiberglass dan lain-lain.








Sumber: Buku Pegangan Siswa Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas XI

               http://kursusjahityogya.blogspot.co.id/2015/08/kerajinanfungsihias.html?m=1

Tidak ada komentar:
Write komentar